"[WELLCOME]"."[bhernandz.blogspot.com]"

Jumat, 23 Maret 2012

Kompenen Elektronika Yang Rawan Rusak Pada komputer


Komputer tersusun dari jutaan “komponen elektronika”. Mulai dari yang berukuran besar sampai yang ukurannya tidak kasat mata. Komponen elektronika tersebut memiliki ketergantungan satu sama lainnya. Jika yang satu rusak, maka akan mempengaruhi komponen yang lainnya.

Dari sekian jumlah komponen elektonik pada komputer, ada beberapa yang rawan mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan beberapa faktor yang menyebabkan kerusakannya, Komponen tersebut ialah ELCO (kapasitor yang memiliki ukuran bulat tinggi).

Kerusakannya biasanya terjadi disebabkan beberapa hal, namun yang sering terjadi ialah:

1. Suhu CPU yang terlalu panas.

Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya debu yang menempel pada komponen elektronika sehingga menahan panas yang dikeluarkan, anda pun bisa membaca artikel tips merawat motherboard yang efisien. Selain itu, panasnya CPU bisa disebabkan karena kurangnya CPU Cooler yang digunakan.

2. Arus listrik yang tidak stabil atau terlalu tinggi.

Arus listrik PLN memang merupakan arus listrik yang kurang stabil. Walau pun standart tegangannya 220 volt, namun sering terjadi naik turun di setiap saat. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan Stabilizer.

3. Terjadi konsletting

Yaitu ketika suatu arus berlawanan bertemu dan menghasilkan sebuah percikan api. Ini biasanya terjadi pada CPU yang suka terbuka casingnya, hal ini memberikan peluang masuknya hewan-hewan kecil seperti kecoa atau benda logam lainnya masuk kedalam motherboard dan menyebabkan konsletting

Bagaimanapun juga, hal kecil yang terjadi pada komponen elektronika komputer bisa berakibat fatal jika tidak segera ditanggulangi dengan tepat. Mudah-mudahan tulisan kali ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada komputer anda. Terima kasih.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger