"[WELLCOME]"."[bhernandz.blogspot.com]"

Sabtu, 19 Maret 2011

Dasar-Dasar Blogging

Saya tidak membeda-bedakan apakah anda blogger untuk blogspot atau anda blogger untuk wp / wordpress. Untuk para blogger versi multiply, livejournal, blogsome, b2evolution, nucleus (hehe.. sorry, saya buta soal itu), tapi yang jelas artikel saya ini bersifat universal, mungkin ada beberapa point tambahan untuk para blogger di blogspot dan blogger di wordpress.

Berikut ini beberapa tips dasar untuk para blogger:

1. Untuk blogger yang kebetulan mempunyai dasar internet, maksud saya dasar pemograman HTML, jangan coba-coba mengutak-atik judul di title tags anda, karena jika anda memberikan judul yang tetap / constant pada TITLE tags anda (bukan dari script defaultnya), maka artikel-artikel lama anda akan menjadi basi (artikel-artikel yang telah diarsip secara otomatis). Bagaimana dengan META tags? Meta tags tidak berpengaruh apa-apa, silahkan diganti.

2. Untuk anda yang serius ingin menjadi blogger profesional, usahakan untuk tidak terlalu banyak memasang pernak-pernik blog yang meriah, dari jam, animasi-animasi girlish, banner-banner aneh, music box, calendar kelap-kelip, cukup memasang shoutbox (itu saran saya karena shoutbox membuat blog anda lebih interaktif) dan messenger indicator (supaya tamu / visitor blog anda tahu anda sedang online atau tidak) dan traffic counter.

3. Jika anda ingin menambah penghasilan / mencari uang sampingan dari blog anda, pilih afiliasi yang benar-benar bisa mendatangkan uang saja, karena visitor bisa malas mengunjungi blog anda yang begitu memakan kapasitas bandwidthnya, apalagi yang memakai sambungan ADSL limited dan dial Up, sangat menguras waktu dan pengeluaran biaya internet.

4. Untuk para blogger yang kebetulan menampilkan iklan di blognya, bikinlah artikel anda berbelit-belit dengan memotong postingan artikel pada bagian-bagian yang penting, dengan bahasa yang sederhana, menambahkan “READ MORE” / “BACA SELANJUTNYA” sehingga impression iklan anda bertambah.

5. Hati-hati mencari / memilih themes / templates, terutama para pengguna wordpress, ada themes yang dirancang seminimalis mungkin sehingga link-link yang seharusnya anda tampilkan di tiap halaman hilang pada bagian “SINGLE PAGE” (coba utak-atik single.php), terutama pada bagian SIDEBAR.

6. Khusus untuk para blogger wordpress, setting permalink anda jangan dengan yang numeric, tetapi ganti dengan permalink yang menampilkan judul artikel anda, supaya memperkuat posisi anda juga di SERP (Search Engine Result Page).

7. Usahakan dalam menulis artikel, jangan menggunakan kata-kata / kalimat yang informal, yang gaya bicaranya dipersingkat, kalau untuk anda blogger yang hanya sekedar hobi atau menulis diary, go ahead.

8. Untuk blogger di blogspot, usahakan mengumpulkan beberapa kategori yang sama dengan mengisi kotak LABEL supaya jumlah halaman di blogspot anda bertambah, untuk para pemakai wordpress kumpulkan di “Categories”.

9. Setelah artikel dipublish, kirim PING kemana-mana, ke technorati, google blogsearch, icerocket dan lain-lain.

10. Jangan mengutip artikel-artikel orang, ini dikarenakan akan percuma karena nantinya search engine akan menandai halaman yang anda curi dengan Supplamental Result / Hasil Tambahan.

Kesimpulan : kreativitas, kemampuan, keuletan adalah kunci sukses untuk para blogger, Rich Content adalah salah satu bagian dari SEO dan artikel saya ini juga bagian dari SEO khusus untuk blogger.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger