"[WELLCOME]"."[bhernandz.blogspot.com]"

Minggu, 17 Juni 2012

Paragraf Generalisasi, Analogi dan Sebab-akibat

Paragraf Generalisasi
Paragraf generalisasi adalah paragraf yang isinya menarik kesimpulan berdasarkan data yang sesuai dengan fakta. Pararaf generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola penalaran induktif. Paragraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berisi fakta, bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus. Paragraf generalisasi ini disusun dengan cara menyajikan beberapa kalimat penjelas sebagai alasan bersifat khusus untuk diambil sebuah kesimpulan bersifat umum pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.

Berikut ini adalah contoh dari paragraf generalisasi:
 
Untuk mendapatkan gelar setara Sarjana Muda jurusan Sistem Komputer di Universitas Gunadarma tentunya tidak luput dari berbagai persyaratan yang harus  di selesaikan. Salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar tersebut tentunya mahasiswa di tuntut untuk lulus dari Penulisan Ilmiah yang ada di semester enam. selain itu mahasiswa juga harus sudah lulus dari berbagai hal, seperti Workshop, kursus dan sebagainya.

Paragraf Analogi
Paragraf analogi adalah penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak menandung persamaan. Dengan kesamaan tersebut dapatlah ditarik kesimpulannya. Paragraf analogi ini merupakan bagian paragraf induktif.
Berikut in adalah contoh dari Paragraf Analogi

Perubahan jaman yang berkembang pesat dapat disimpulkan dari apa yang telah terjadi pada komputer yang terkoneksi dengan Wirelles (WIFI). ketika komputer terkoneksi dengan jaringan, pada komputer tersebut akan berubah. Semakin komputer itu banyak terkoneksi dengan jaringan dan semakin banyak jaringan yagn kita dapat maka akan semakin cepat pula prosses internet yang sedang kita jalankan.
Paragraf Sebab-akibat Paragraf sebab akibat adalah paragraf yang pernyataan menjadi sebab didahulukan kemudian diikuti akibat yang ditimbulkannya. Paragraf sebab akibat ini dikembangakn dengan proses berfikir kausatif. Proses berfikir ini menyatakan bahwa suatu sebab akan emnimbulkan akibat. Sebab menjadi ide pokok dan akibat menjadi ide penjelas. Hubungan sebab akibat ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: satu sebab menimbulkan satu akibat, satu sebab menimbulkan banyak akibat, serta sebab akibat berantai.
Berikut ini adalah contoh paragraf sebab akibat:
Empat tahun sudah lamanya kita menduduki Kampus tercinta Universitas Gunadarama di Jurusan Sistem Komputer, dan alhasil pada saatnya kita telah lulus kitapun dapat begitu banyak ilmu yang sebelumnya tidak pernah kita tahu.
  
 

2 komentar:

Vsint mengatakan...

Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

makasi :)

bhernandz.gaborez mengatakan...

Link-Link UG udah lengkap saya sertakan di blog saya.... coba di lihat lagi di sebelah kiri...

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger