"[WELLCOME]"."[bhernandz.blogspot.com]"

Sabtu, 19 Maret 2011

RELATIONAL DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (RDBMS)

PENGENALAN DB2

Apakah DB2 itu ?
DB2 merupakan relational database management system (RDBMS) yang memungkinkan pemakai melakukan CREATE, UPDATE dan CONTROL terhadap basis data relasional dengan menggunakan Structured Query Language (SQL). DB2 didisain untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam bisnis berskala kecil maupun besar.
DB2 dapat dijalankan pada bermacam-macam platform termasuk sistem mainframe seperti MVS/ESA, VM, dan VSE; sistem midrange seperti OS/400, AIX, dan sistem yang berbasiskan UNIX lainnya; dan sistem tunggal atau yang berbasiskan LAN seperti OS/2, Windows, dan Linux
Data diatur oleh DB2 database server yang dapat diakses dan dimanipulasi oleh aplikasi pada PC workstations yang berjalan dalam sistem operasi terkenal seperti OS/2, DOS, Windows, Linux dan dengan aplikasi yang dikembangkan untuk UNIX workstations dari IBM, HP, dan SUN. Aplikasi tersebut untuk menunjang client dan server platform yang akan ditambahkan di masa yang akan datang.
DB2 merupakan suatu sistem terbuka. Selain untuk client platform yang disediakan oleh IBM, semua basis data yang ada dalam DB2 server dapat diakses dari beberapa produk yang menunjang protokol Distributed Relational Architecture (DRDA). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi kebutuhan komponen tambahan dan gateway yang mahal.
IBM juga menyediakan fasilitas untuk mengakses RDBMS lainnya yang menggunakan server aplikasi DRDA yang spesifik. Fasilitas ini disebut Distributed Database Connection Services (DDCS).

Selain fungsi manejemen data, DB2 juga memiliki alat yang mengijinkan pemakai membuat bermacam-macam aplikasi untuk mengakses dan bekerja dengan data. Juga untuk mengembangkan aplikasi dari multimedia dan object-oriented.
Perkembangan Basis data IBM
Akhir th. 70-an
• System R : Riset IBM menyusun teknologi relasional
Th. 80-an
• Produk Relational DB untuk VM, VSE, MVS, AS/400, OS/2
• Riset selanjutnya : SQL Language, Performance, Distributed Data
Th. 90-an
• Distributed Relational Data Architecture (DRDA)
• DB2 untuk AIX, HP-UX, SOLARIS, NT, SINIX, Parallel Edition,...
• DataHub, DataPropagator, DataGuide, DataRefresher, DataJoiner,...
• Riset selanjutnya : Optimization, Parallelism, Object-Relational
Sekarang (’98)
• Pemasok DB utama dengan pendapatan $1 milyar dari DB Engine
• >2 PetaBytes Data yang dikelola oleh produk-produk IBM DBMS
• IBM mengangani lebih dari 96 hak paten teknologi Relational DB di dunia
• Pemimpin dalam pembuatan SQL pada DB2 Team

Mengapa DB2 banyak digunakan :
• Memenuhi kebutuhan bisnis untuk aplikasi-aplikasi baru
• Scalable across
• Menawarkan Open hardware dan system integration
• Integrated Tools dan Usability enhancements
DB2 Family
IBM DB2 Family dari database management systems menangani ruang lingkup hardware platform yang besar mulai dari mainframe sampai dengan mesin-mesin

Pengantar Basis Data
yang berbasiskan Intel, server IBM dan non IBM RISC serta workstation, massively parallel processors, Sistem mid range AS/400, dan sistem mainframe yang dijalankan dengan sistem operasi VM, VSE dan MVS. Dengan tambahan database engines yang dijalankan pada setiap platform tersebut. DB2 family termasuk solusi “middleware” untuk pengaksesan basis data yang heterogen, replikasi data dan database systems management yang berjalan di seluruh platform.
Produk-produk DB2 yang dijalankan pada OS/2 dan platform yang berhubungan dengan produk tersebut dikenal sebagai versi DB2 Common Server. Hal ini untuk membedakan bahwa produk-produk tersebut dapat dijalankan pada platform yang sejenis, yang berisikan fungsi produk yang serupa dan menggunakan bersama source code yang sama.
Produk-produk DB2 Common Server merupakan client/server RDBMS untuk server IBM dan server non IBM, dan workstation yang berisikan fungsi-fungsi dimana aplikasi dapat dijalankan pada lingkungan client yang luas, fungsi-fungsi untuk menyimpan dan mengelola data, dan gateway yang mengizinkan pengaksesan data dengan SQL pada lingkungan yang heterogen.
DB2 Common Server memegang peranan penting pada saat :

Client/Server Up-sizing
PC dan workstation yang terintegrasi dengan LAN untuk menggunakan basis data secara bersamaan

Host Right-sizing
Memindahkan aplikasi-aplikasi ke platform yang cocok untuk suatu pekerjaan. Sistem right-sizing dapat berisikan mesin-mesin dari semua ukuran, seperti :
- Komputer mainframe
- Komputer midrange
- Komputer mini
- Komputer personal

Host Down-sizing
Memisahkan dan memindahkan aplikasi-aplikasi mainframe ke client workstation dan network server RDBMS 4
Pengantar Basis Data

Access to Host Enterprise Data
Pengaksesan data untuk decision support processing (query, report, charting,…) yang membutuhkan integrasi dari sistem basis data yang berlainan untuk membentuk basis data yang memberikan informasi lebih luas.

DB2 Host Application Development
Produk-produk DB2 Family sama dalam hal disain dan fungsi serta dapat digunakan untuk mengembangkan host applications pada workstation dan PC.
DB2 database server tersedia untuk sistem-sistem sebagai berikut : MVS/ESA, OS/400, VM, VSE, OS2, UNIX-based platform (AIX, HP-UX, SOLARIS), Windows, Linux.

Objek-Objek DB2
Kunci elemen pada Sistem Administrator DB2 adalah pengaturan obyek-obyek DB2 yang dibuat oleh software DB2. Obyek-obyek yang terdapat pada DB2 di antaranya : Tabel dan View yang digunakan oleh application programmer dan end user yang merupakan bagian dari pemrosesan aplikasi. Juga termasuk obyek-obyek yang biasanya tidak terlihat pada tingkatan aplikasi seperti table space, index, database, dan storage group.

DB2 Database
DB2 Database berisikan sekumpulan tabel dan indeks-indeks yang berhubungan dengan tabel-tabel tersebut. Dengan mendefinisikan tabel-tabel dan indeks-indeks dapat membuat sebuah basis data yang khusus. Kita dapat memberikan sebuah nama pada basis data, tabel, dan indeks tersebut, dan dapat melakukan start dan stop sebuah basis data dalam sebuah operasi tunggal. Juga dapat memberikan hak akses ke seluruh obyek yang terdapat dalam basis data.

Table Space
Table Space merupakan area penyimpanan yang berisikan satu atau lebih tabel DB2. Secara fisik, sebuah table space berisikan 1 – 64 VSAM entry-sequenced data.
sets (ESDS) dan dapat berisikan lebih dari 64 gigabytes data. Sebuah table space dibagi dalam pages. Tiap-tiap page dapat dibaca atau ditulis pada sebuah direct-access storage device (DASD) dalam sebuah operasi tunggal.
Table space dapat berisikan simple, partition, atau segmented. Simple table space berisikan satu atau lebih tabel yang lengkap. Partition table space dibagi dalam unit-unit yang disebut partitions, setiap unit dapat berisikan sebagian tabel. Pembagian tabel ke dalam partisi-partisi berdasarkan atas pendefinisian clustering index untuk tabel tersebut. Hanya satu tabel saja yang dapat disimpan dalam partition table space. Segmented table space dibagi dalam ukuran segment yang sama. Segment yang diberikan berisikan baris-baris yang hanya berasal dari satu tabel saja. Segmented table space memberikan peningkatan kinerja melalui simple table space untuk menyimpan banyak tabel karena hanya segment-segment milik sebuah tabel saja yang perlu diproses pada saat tabel dibaca atau dikunci.
Sebuah table space menggambarkan bagian dasar dari DB2 database recovery. Jika sebuah table space berisikan banyak tabel, semuanya akan di-recover menjadi sebuah unit. Pada partition table space, setiap partisi dapat di-recover secara terpisah. Jika diinginkan, keseluruhan basis data dapat juga di-recover menjadi sebuah unit dengan menspesifikasikan nama basis data tersebut daripada menspesifikasikan nama table space selama proses recovery.

Indeks
Sebuah indeks berisikan sekumpulan pointer pada baris dalam sebuah tabel. Terdapat sebuah entry untuk setiap nilai dalam kolom dengan sebuah pointer yang disebut ‘RID’ (Record ID) untuk tiap baris yang berisikan nilai tersebut. Sebuah indeks yang didefinisikan pada sebuah tabel dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Sebagai contoh : sebuah indeks dapat digunakan untuk melakukan pengaksesan data yang lebih efisien dengan mengizinkan individual atau multiple row yang diakses secara langsung bila dibandingkan dengan pembacaan data secara keseluruhan pada sebuah tabel.

Storage Group
DB2 menggunakan storage group untuk mengawasi cara bagaimana data pada DB2 yang secara fisik disimpan pada volume DASD. Sebuah storage group berisikan kumpulan volume DASD yang semuanya harus terletak pada peralatan yang sama jenisnya. Setiap storage group mempunyai nama, dan nama tersebut digunakan untuk menunjuk sebuah table space ke sebuah storage group yang dipilih.
Sebuah simple table space harus disimpan pada sebuah storage group tunggal. Sedangkan partition table space, partisi-partisi yang berbeda dapat disimpan pada storage group yang berbeda. Sebuah index space juga dapat ditentukan pada storage group, dan index space bisa ditentukan pada storage group yang sama atau tidak sesuai dengan tabel yang berhubungan dengan indeks tersebut.
Storage group dibuat oleh system administrator DB2 dengan menggunakan perintah SQL, khususnya fasilitas interaktif seperti SPUFI atau QMF.

View
View adalah pilihan data sebelum didefinisikan dimana sebuah aplikasi atau pemakai akan bekerja. Meskipun View digunakan sebagai “TABLE” oleh pemakai, data tetap terletak pada table aslinya.
Pada saat sebuah view mendefinisikan sebuah virtual table yang menggunakan data pada base table, CREATE VIEW tidak perlu menspesifikasikan basis data, storage group, atau pilihan-pilihan lainnya yang berhubungan dengan sebuah tabel fisik. Perintah ALTER tidak dapat digunakan untuk sebuah view; untuk merubah view, view tersebut harus dihapus dan dibuat kembali. Menghapus view hanya mempengaruhi terhadap program yang menggunakan view tersebut; merubah view tidak mempengaruhi tabel-tabel yang digunakan oleh view tersebut.
Kegunaan View
- Memudahkan pengkodean :
View mendefinisikan permintaan user
- Keamanan :
Penghapusan data dari view tidak dapat diakses oleh user.


DB2 Catalog
• Sekumpulan tabel yang berisi informasi mengenai segala sesuatu yang didefinisikan dalam sistem
• Digunakan oleh DB2 untuk menentukan jalur akses dan mengatur sumber-sumber
• Struktur tabel catalog dibedakan oleh platform
DB2 catalog terdiri dari sekumpulan tabel yang berisikan informasi mengenai seluruh obyek DB2 yang telah didefinisikan. Catalog juga berisikan informasi mengenai otorisasi, recovery, dan keterhubungan yang ada di antara tabel catalog yang berbeda.





DB2/* Utilities
DB2 Utilities digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi sistem administrasi yang berbeda-beda, seperti loading tables, recover, repairing data, serta monitoring dan tuning sistem DB2.
Utilitas terbagi dalam 3 kategori :
1. Utilitas setup atau move 􀃆 LOAD dan UNLOAD
2. Utilitas maintenance 􀃆 REORGANIZE dan UPDATE STATISTIC
3. Utilitas recovery 􀃆 BACKUP dan RECOVER

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger